Page 1 of 4

Tipe Anak Indigo

PostPosted:16 Aug 2014, 17:48
by Lifin88
Rabu, 05 Maret 2014

Tipe Anak Indigo
Dalam tulisan sebelumnya sudah dijelaskan 4 ciri wajib anak indigo, dalam aplikasinya anak indigo "bekerja" dalam tipe tertentu yang menonjol dalam hal pola pikir, interaksi, aksi reaksi sesuai dengan penciptaan dirinya.

1. Tipe Humanis

Tipe ini dapat bekerja dengan banyak orang, juga bisa melayani banyak orang. Sangat suka bergaul dan hiperaktif menjadi karakter yang menonjol. Indigo humanis aktif secara fisik dan membawa wawasan baru dalam hubungan manusia dan kemanusiaan. Aktif dalam kegiatan sosial, komunikator yang baik dan memiliki pendekatan yang sederhana dan informal.

2. Tipe Konseptual
Berbeda dengan tipe humanis, indigo konseptual lebih fokus kepada proyek sedikit interaksi dengan orang, Sedari batita mampu menciptakan stuktur dan pola, tugas mereka adalah memperkenalkan konsep-konsep baru mengenai teknologi, desain dan mekanik. Jenius dalam tekologi dan memiliki kosentrasi yang penuh dalam mengerjakan proyek. Tipe konseptual lebih suka bekerja di belakang layar, di mana tipe seniman menjadi sorotan dan tipe humanis menyebarkan berita.

3. Tipe Seniman
Tipe seniman membawa dan membentuk seni di segala bidang, tidak hanya pada seni-seni yang dikenal umum. Karena termasuk multitalenta, mereka dapat menciptakan seni dalam segala bidang disiplin ilmu bahkan dalam bidang matematika dan ekonomi. dimana disiplin ilmu itu dianggap jauh dari seni. Indigo seniman memiliki sumber kreatifitas yang spiritual dan universal, tidak perlu belajar seni karena merekalah intuisi seni itu sendiri. Tidak menyukasi sistem sekolah dan satu-satunya tipe indigo yang memiliki jimat.

4. Tipe Interdimensional
Interdimensional adalah tipe yang lebih besar dibanding tipe-tipe yang lain, mereka dianggap menguasai tipe yang lain. Indigo interdimensional membawa paradigma baru, filsafat baru dan agama baru. Pemikir yang abstrak, mengalami bumi dan alam semesta melalui tubuhnya. Tipe interdimensional jatuh cinta pada alam memilih ketenangan dan kesendirian, dapat memberikan saran solusi dalam kondisi situasi dan masalah yang ekstrim. Suka membuat hal-hal lucu dan unik untuk menguji batas kemampuan manusia, hanya sedikit sekali indigo dengan tipe interdimesional
Diposkan oleh Indigocommunity Indonesia di 01.48

http://indigocommunityid.blogspot.com/2 ... o.html?m=0

Re: Tipe Anak Indigo

PostPosted:16 Aug 2014, 17:55
by anjaniey
gw kok bisa 4 empatnya yah lif. kayaknya pd dasarnya semua indigo bisa mencakup 4 itu hanya seiring bertambahnya umur dan proses hidup akhirmya akan terjurus sendiri mana yg lebih dominan.

Re: Tipe Anak Indigo

PostPosted:16 Aug 2014, 17:57
by Lifin88
Minggu, 16 Maret 2014

Parenting: Mengenal, mengahadapi dan mendidik Anak Indigo (Tipe Humanis)
Sebagai orang tua anak adalah anugerah Tuhan terbesar dalam hidup. Dalam mendidik anak hal yang tidak boleh dilewati adalah mendidik diri sendiri sebagai orang tua, sebagai orang yang dewasa dan sebagai individu manusia. Dengan memiliki dan mendidik anak orang tua belajar untuk meningkatkan ilmu dan pengetahuan untuk bisa saling berbagi dalam pertumbuhan iman, mental, moral dan spiritual

Perjalanan hidup bersama anak adalah sebuah petualangan, seperti perjalanan di jalan setapak melalui semak-semak dan pepohonan di mana kita tidak bisa mengantisipasi apa yang ada di depan kita. Saling berbagi kepada orang yang kita percaya dalam pertumbuhan iman, mental, moral dan spiritual adalah suatu pengalaman yang luar biasa.

Kita sudah mengenal 4 tipe anak indigo dimulai dari tipe Indigo Humanis, tipe ini memiliki kemampuan verbal yang sangat baik. Sebagai anak-anak, mereka akan menghambur semua mainannya di lantai, tidak bisa hanya bermain hanya dengan satu mainan, kadang juga hanya menghambur semuanya tanpa dimainkan. Orang tua akan sering menemukan mereka sedang membaca dibanding bermain atau membereskan kamar. Aktif secara fisik, terkadang tidak menyadari keberadaan dinding dan pintu, suka bergerak seakan tidak ada yang membatasi bahkan menabraknya. Seakan terbatasi oleh tubuhnya dengan terlihat hiperaktif.

Orang tua membantu indigo tipe ini untuk berkosentrasi karena mereka sangat mudah terganggu dengan apa pun yang ada dihadapannya. Pengalaman seorang ibu yang memiliki anak indigo tipe humanis umur 3 tahun sedang rewel ketika berada di dalam pesawat, sang ibu memberikan pamflet keselamatan dalam pesawat anak itu segera duduk dan membukanya untuk melihat gambar seakan-akan dia bisa membacanya dengan mimik yang serius, sangat intens. Profesi dokter, pengacara, guru, pebisnis, politikus dan salesman cocok bagi mereka

Mengarahkan mereka untuk fokus adalah suatu tantangan karena bisa tiba-tiba berubah. Musik adalah cara yang baik untuk menenangkan tipe indigo humanis. Beri kesempatan lebih luas bagi mereka untuk bersosialisasi, beli banyak buku untuk hobi membacanya dan membantunya dalam belajar. Alih-alih memberi penilaian, pahamilah cara komunikasi yang mungkin terlihat berbeda dengan cara dan di usianya

Dalam mengenal, menghadapi dan mendidik Anak Indigo Tipe Konseptual bisa membaca di posting selanjutnya >>

Re: Tipe Anak Indigo

PostPosted:16 Aug 2014, 17:59
by Lifin88
Minggu, 16 Maret 2014

Parenting: Mengenal, mengahadapi dan mendidik Anak Indigo (Tipe Konseptual)
Konseptualis, sang sumber pemikir yang tenang, bermental dan fokus. Berbeda dengan tipe humanis yang suka dalam kelompok besar manusia, tipe konseptual cenderung menghindarinya lebih suka menyendiri. Mereka berorientasi pada proyek, mampu mengerjakan banyak proyek sekaligus. Lebih mengutamakan kepala dibanding hatinya, pemikir yang keras. Disarankan tipe ini hidup dalam lingkungan yang memiliki rutinitas, pola dan tugas yang terstruktur. Sedari kecil memiliki kemampuan atletik yang kuat sebagai penyeimbang kemampuan berpikirnya yang keras.

Masalah kontrol dalam otoritas yang ada akan sering timbul dalam relasi dengan lawan jenis, terutama terhadap orang tua mereka yang berlawanan jenis. Mereka rentan terhadap obat dan perilaku adiktif, mereka sangat mudah untuk kecanduan dan orang tua harus waspada untuk hal ini. Orang tua perlu memonitor orang-orang yang bekerja sama dengan mereka dan mengarahkan pada kecanduan yang sehat.

Tipe konseptualis tidak keberatan sendirian atau bekerja sendirian. Biasanya mereka lebih menyukainya karena mereka bisa tetap mengendalikan proyek mereka dan tidak bersedia mengambil risiko orang lain ikut campur dalam hal kualitas atau waktu. Organisasi yang sistematis seperti militer atau birokrasi cocok bagi mereka, sangat stabil dan metodis dalam pekerjaan mereka. Mampu berjam-jam dan kerja keras untuk proyek mereka sebagai bentuk adiktifnya. Berbeda dengan humanis, mereka jarang hiperaktif dan mereka menikmati ayunan energi lebih sedikit daripada yang lain.

Mereka percaya bahwa memegang kendali adalah cara terbaik untuk menjaga integritas proyek atau usaha mereka. Stres terjadi ketika mereka merasa bahwa mereka telah kehilangan kendali atas proyek mereka atau berada dalam situasi di mana mereka harus memberikan hasil yang lebih rendah. Manajemen stres bagi mereka berarti kembali ke proyek mereka sendiri atau bermain video game, pengalihan pada bentuk adiktif yang lain. Lego adalah mainan yang ideal bagi tipe indigo konseptual, mereka bisa menjadi insinyur, arsitek, desainer, astronot , pilot dan perwira militer yang luar biasa.

Setelah mengenal tipe humanis dan tipe konseptual yang saling berlawanan selanjutnya mengenal tipe seniman yang peka >>

Re: Tipe Anak Indigo

PostPosted:16 Aug 2014, 18:00
by Lifin88
Minggu, 16 Maret 2014

Parenting: Mengenal, mengahadapi dan mendidik Anak Indigo (Tipe Seniman)
Tipe indigo seniman adalah tipe yang paling kreatif dan sensitif, mereka adalah pencipta bidang apapun yang mereka pilih. Sebagai seniman, penulis, aktor, penyair, web designer, dan musisi mereka akan membuat hal yang luar biasa. Seorang yang multitalenta menguasai berbagai macam bidang seni sekaligus dan terbaik pada masing-masing bidang seni itu.

Mereka tertarik dalam proses kreatif, melebarkan batas, meruntuhkan batas, menciptakan hal baru. . Mereka suka tampil, memakai kostum, berdandan, bermain peran dan menjadi pusat perhatian. Indigo tipe ini dianggap berjumlah banyak karena mereka sering muncul untuk tampil dan terlihat. Dalam penampilan mereka suka akhir yang dramatis, menarik perhatian dan luar biasa.

Karena proses kreatifitasnya mereka tidak menyukai keteraturan dan sistem yang ada, berada di luar zona disiplin, tidak menyukai sekolah yang membatasi mereka. Hal yang sulit ditangani ketika di sekolah mereka tidak berpikir membuat kesalahan. Paling cerewet, sebagai bentuk dalam tuntutan kreatifitas di berbagai bidang dan situasi. Ketika stres mereka menarik diri dari orang-orang dan orang tua perlu memahami dan ikut mendalami kesensitifan yang dialami. Tipe seniman dianggap dekat dengan supranatural, bagi orang tua diperlukan untuk mendalami spiritual agar bisa mencerna dan membantu menyalurkan kreatifitasnya.

Umumnya lahir dengan bakat mentah yang besar, mereka membutuhkan bantuan mengembangkan disiplin untuk menyempurnakannya. Antara usia empat sampai sepuluh mereka mampu memainkan lebih dari satu instrumen atau alat, dengan menggunakan alat-alat dan media yang berbeda memberikan mereka pilihan untuk berkreatifitas lebih luas tanpa dibatasi. Terlihat bekerja keras secara alami ketika fokus ada pada mereka. Menyukai suatu benda seperti baju, sepatu atau topi sebagai jimat mereka.

Terakhir kita akan mengenal tipe indigo yang lebih besar yaitu tipe interdimensional >>

Re: Tipe Anak Indigo

PostPosted:16 Aug 2014, 18:02
by Lifin88
Minggu, 16 Maret 2014

Parenting: Mengenal, mengahadapi dan mendidik Anak Indigo (Tipe Interdimensional)
Dibanding ketiga tipe indigo sebelumnya tipe interdimensional bukan tipe yang umum. Tipe ini bukan campuran semua tipe indigo, karakter yang menonjol untuk menentukan termasuk tipe yang mana. Ada ganda Indigo: humanis/artist, artist/konseptual, tapi tidak ada indigo yang memiliki semua empat tipe.

Tipe interdimensional memiliki sikap sudah tau semua seakan masa bodo. Pada usia dini, mereka akan menjawab dengan komentar seperti , "Aku sudah tahu itu. Aku bisa melakukannya. Tinggalkan aku sendiri". Secara fisik mereka bertubuh besar, sikap yang superior terlihat seperti intimidasi tetapi sebenarnya mereka pemikir dan penangkap gelembung-gelembung buah ide orang. Mereka pembawa cara berpikir baru, praktisi spiritual dan sering memimpin jalan dalam pemikiran non-konformis atau "sistem penghilang". Karena non-konformis itu, ide-ide mereka mungkin juga tidak cocok dengan masyarakat arus utama.

Mereka membawa paradigma baru, filsafat baru, dan agama baru. Karena jauh di depan dari cara pandang arus utama, mereka sering disalahpahami dan terlihat hanya menunggu orang di sekitar mereka untuk mengejar pikiran dan filosofi mereka. Dalam cara sikap dan berpikirnya suka mengganggu dalam pembagian kelas atau kelompok. Karena memiliki pemikiran yang abstrak dan pemikiran yang begitu berbeda, mereka paling mungkin diberi label autis.

Dalam mendidik anak sering kali orang tua sudah terperangkap pada pernyataan orang tua lebih tahu dibanding orang lain, sulit menerima pendapat, cara pandang, dan saran dari orang lain. Padahal orang lain tidak memiliki kepentingan apa-apa dan hanya sebatas memberi pendapat dan mungkin solusi. Ketika masalah yang sama sering muncul, berarti ada hal yang harus dirubah. Menjadi orang tua bukan berarti menjadi lebih tinggi, tetapi menjadi lebih rendah untuk memulai belajar lagi dalam memahami hidup. Sedari kecil kita sudah banyak berinteraksi dengan orang lain, tetapi ketika memiliki anak interaksi terbesar orang tua ada pada anak dan sering kali pengalaman yang benar- benar baru.

Dalam berinteraksi dengan anak, orang tua sering kali terpesona dalam tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan anak. Tetapi jangan lupa, sebagai orang tua pun harus memilki tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan sendiri. Masalah yang sama yang sering timbul dalam interaksi dengan anak adalah indikator tidak tumbuh dan berkembangnya orang tua. Sebagai manusia kita harus mengalami tumbuh kembang sepanjang hidup. Sebagai orang tua jangan tertinggal dalam pertumbuhan dan perkembangan emosional, moral, mental dan spiritual dengan anak, apakah dengan memiliki anak indigo atau bukan.

Re: Tipe Anak Indigo

PostPosted:16 Aug 2014, 18:07
by Lifin88
anjaniey wrote:gw kok bisa 4 empatnya yah lif. kayaknya pd dasarnya semua indigo bisa mencakup 4 itu hanya seiring bertambahnya umur dan proses hidup akhirmya akan terjurus sendiri mana yg lebih dominan.
Nah itu ada type interdimentional kak.. coba dibaca :D
Anak "khusus" yang belum terlatih dengan fokus biasanya mmg ada yg kuasai banyak kemampuan, tetapi kebanyakan hanya setengah2 saja. Jd itulah gunanya mengenal diri sendiri.

Re: Tipe Anak Indigo

PostPosted:21 Aug 2014, 14:03
by Junabel
Wow !! Angkat topi buat Lifin, topik ini ud disiapkan cukup matang jauh jauh hari tampaknya. Aku dominan duo: konseptualis+senimanis, dgn pengecualian gak pake jimat ni. Salam kenal ya :-)

Re: Tipe Anak Indigo

PostPosted:21 Aug 2014, 17:54
by Lifin88
Junabel wrote:Wow !! Angkat topi buat Lifin, topik ini ud disiapkan cukup matang jauh jauh hari tampaknya. Aku dominan duo: konseptualis+senimanis, dgn pengecualian gak pake jimat ni. Salam kenal ya :-)
Ini hasil copas dari situs lain ko... krn aku liat disini belum ada jd aku shared kesini... selamat membaca :D

Re: Tipe Anak Indigo

PostPosted:25 Aug 2014, 00:13
by alfan_rosidan
Yang jelas aku tipe ENFP dari myerbriggs indikasi